Tips Membuat Kucing Liar Menjadi Kucing Rumahan

Tags

Kucing liar adalah kucing-kucing yang sering berkeliaran di jalan tanpa memiliki majikan atau pemilik. Sedangkan, kucing rumahan adalah kucing terpelihara yang memiliki majikan yang merawatnya.


Namun, jika Anda merasa ingin mencoba merawat salah satu dari kucing liar tersebut yang Anda sukai menjadi kucing peliharaan bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Beri Nama
Seperti layaknya peliharaan, Anda sebagai pemilik ingin memberi nama agar bisa dibedakan bahwa kucing yang sudah menjadi kucing rumahan ini adalah milik Anda.

2. Siapkan Ruang atau Kandang
Sebagai hewan peliharaan, sudah sepantasnya Anda menyiapkan kandang untuk ruang tidurnya. Agar kucing itu tidak berkeliaran lagi seperti kucing liar dan merasa kalau ia memang dirawat. Di kandang pun membuat dia memiliki empat untuk berteduh dan bermalas-malasan, sehingga kucing merasa ada tempat dan dihargai.

3. Beri Fasilitas
Walaupun cuma seekor hewan peliharaan, kucing juga butuh fasilitas untuk kenyamanannya karena telah dipelihara. Untuk itu, coba beri dia fasilitas seperti mainan agar ia betah di dalam dan tidak keluar lagi. Bahkan, fasilitas kesehatan juga diperlukan oleh seekor kucing agar ia tidak sakit-sakitan

4. Beri Makanan dan Vaksin
Sebagai peliharaan atau kucing rumahan, tentunya kucing perlu diberi makanan yang baik sebagai kucing peliharaan juga vaksin agar kucing ini bebas dari penyakit. Dengan begitu, kucing liar ini bisa kelihatan terawatt.

5. Dilatih Dengan Baik
Hal terakhir yang perlu dilakukan agar kucing liar bisa seperti kucing rumahan adalah dengan melatihnya. Adapun melatihnya harus dengan banyak cara, mulai dari melatih makan agar supaya makanan yang diberikan cocok pada kucing yang sudah terbiasa makan sembarangan di jalan.

Kedua melatihnya untuk berperilaku baik sebagai peliharaan, seperti melatih buang air yang baik di tempatnya, melatih tidak mencakar benda-benda di rumah ataupun dilatih untuk tidak mencuri makanan seperti kucing liar.

Setelah semua dilakukan dengan baik oleh Anda, maka pastinya kucing tersebut mulai berubah dan bisa lebih jinak. Karena sudah terawat, rapih, bersih dan terlatih dengan baik.