Pertimbangkan 7 Poin Berikut Sebelum Beli Rumah Bekas

Membeli rumah bekas menjadi pilihan sebagian orang bagi yang tidak sanggup membuat rumah sendiri ataupun karena alasan lain. Nah, agar tidak menyesal dan tidak salah memilih, berikut ada 7 poin yang harus diketahui.


1. Sertifikat
Ketika masih memilih rumah, tanyakan mengenai dokumen lengkap rumah tersebut. Mulai dari akta rumah atas nama pemilik yang menjual rumah  tersebut, ketahui juga tentang SHM dan IMB. Jangan lupa pastikan identitas pemilik sesuai dengan KTP dan KK.

2. Sumber Air
Ketahui sumber air yang bisa digunakan oleh pemilik rumah. Jika PDAM maka harus ada dana untuk bayar tagihan. Sedangkan jika sumur maka pilihlah yang kerannya sudah langsung terpasang ke  kamar mandi.

3. Pasokan Listrik
Tanyakan mengenai pasokan listrik kepada pemiliknya agar nanti bisa diketahui berapa anggaran yang harus disiapkan setiap bulannya. Tanyakan juga besar daya listrik yang digunakan agar nanti bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Sistem Pembayaran
Hal ini menjadi poin yang wajib dibicarakan saat akan membeli rumah bekas. Setelah mengetahui bagaimana sistem pembayaran, akan lebih tenang dan tahu berapa harga rumah tersebut. Tanyakan juga apakah proses pembayaran diurus langsung oleh penjual atau melalui broker.

5. Tingkat Keamanan
Tanyakan juga bagaimana kondisi lingkungan rumah tersebut apakah aman atau tidak. Jika memang pernah terjadi kemalingan, maka minta kepada penjual agar menceritakan dengan jujur bagaimana kronologis kejadiannya. Hal ini agar pembeli dapat mengetahui bagaimana tingkat keamanan rumah.

6. Jika Ada Bagian Rumah Cacat
Ketika memilih rumah kemudian terlihat ada bagian cacat, perlu dibicarakan langsung dengan penjual. Apakah bagian cacat tersebut diperbaiki dulu atau direnovasi dulu sebelum rumah tersebut ditempati pembeli.

7. Mengenai Jadwal Kemasyarakatan
Hal ini penting ditanyakan sebab pemilik rumah atau penjual tentu sudah tahu bagaimana kebiasaan masyarakat di lokasi tersebut. Mungkin ada acara arisan atau kegiatan lain setiap minggunya, jadi bisa menyisihkan jadwal agar bisa bergabung.

Sebanyak 7 poin penting ini jangan lupa ditanyakan saat akan membeli rumah bekas, semoga bermanfaat.